Cara Cek Saldo BPJS dengan Cepat

Advertisement
Cara Cek Saldo BPJS - Sebagai seorang pekerja bagi suatu perusahaan tentunya kita perlu memiliki hak dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan. Program jaminan sosial ketenagakerjaan yang dibuat pemerintah ini dinamai BPJS Ketenagakerjaan yang dulunya namanya Jamsostek. BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi resiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraannya menggunakan sistem asuransi sosial.


Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam UU Ketenagakerjaan telah dijelaskan bahwa seluruh tenaga kerja Indonesia wajib memiliki BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan. Hal ini bertujuan untuk melindungi para pekerja dari resiko terkait kesehatan dan jaminan hari tua (JHT). 

Dalam hal pembayaran BPJS Ketenagakerjaan ini cukup mudah dan efektif, karena setiap bulannya pendapatan pekerja nantinya akan dipotong secara langsung sesuai dengan ketentuan yang berlaku yang biasanya sekitar 2% dan sisanya 3,7% akan dibayarkan oleh perusahaan. Uang iuran tersebut nantinya akan dikumpulkan oleh BPJS dan akan menjadi tabungan kita di hari tua nanti atau biasanya disebut jaminan hari tua (JHT). 

Setelah melihat cara pembayaran yang efektif dan cukup mudah bagi masyarakat, tentunya BPJS ini juga memberikan cara efektif pula bagi kita yang ingin melihat atau mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan ini. BPJS menyuguhkan beberapa cara untuk memudahkan masyarakat dalam mengecek saldo sesuai dengan kebisaannya. Berikut ini cara mengecek saldo BPJS dengan cukup mudah: 

1. Secara Manual 


Cara ini yang sering dilakukan oleh masyarakat saat mengecek saldo BPJS, yaitu dengan cara mendatangi langsung kantor-kantor BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek. Selanjutnya, akan ada petugas yang membantu memprint-kan slip saldo BPJS Ketenagakerjaan milik anda. 

2. Melalui ATM 


Cara ini khusus bagi nasabah bank BNI dengan cara mendatangi ATM BNI untuk melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan. Perlu diketahui, penggunaan metode ini hanya bisa digunakan untuk mengecek saja tidak bisa untuk mengambilnya. 

3. Secara Online 


Untuk cek saldo BPJS secara online, peserta dapat mengaksesnya melalui situs resmi Jamsostek dan tentunya harus terhubung dengan internet ya. 
  • Sebelum mengeceknya, siapkan kartu BPJS Ketenagakerjaan atau Nomor KPJ terlebih dahulu. 
  • Kemudian setelah itu, mengunjungi website resmi di www.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Selanjutnya masukkan user ID dan password pada kolom login bagi yang sudah pernah mendaftar. Namun, jika belum pernah mendaftar harus mendaftarlebih dahulu dengan cara klik tulisan registrasi pada menu tenaga kerja kemudian mengisi form yang sudah tersedia pada pilihan keanggotaan sebagai tenaga kerja. Bila data sudah terisi lengkap dan benar, klik daftar atau submit data. 
  • Setelah semuanya selesai, tunggu konfirmasi melalui email atau SMS dari nomor aktifasi akun dan verifikasi atau akivasi akun. 
  • Selanjutnya, setelah masuk menu member atau anggota BPJS Ketenagakerjaan, pilihlah menu liat saldo JHT. 
  • Kemudian pilihlah KPJ BPJS Ketenagakerjaan lalu klik submit, jumlah saldo anda akan muncul di layar. 

4. Melalui Aplikasi 


Untuk pengguna smartphone, anda bisa mengunduh aplikasi BPJS Ketenagakerjaan di Playstore atau Apps Store. Selanjutnya setelah diinstal di perangkat smartphone, buka aplikasi tersebut kemudian setting aplikasi sesuai akun BPJS Anda. 

Demikianlah cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan cara yang mudah dan dapat diikuti semua masyarakat sehingga dapat mengetahui saldo yang telah terkumpul oleh BPJS. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.
Advertisement
Cara Cek Saldo BPJS dengan Cepat | CaraCek In | 5

0 komentar:

Posting Komentar