Cara Cek Tagihan BPJS dengan Cepat

Advertisement
Cara Cek Tagihan BPJS - Kalian pasti sudah tak asing lagi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi masalah / risiko sosial ekonomi tertentu dan untuk penyelenggaraannya menggunakan sistem asuransi sosial.


Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam UU Ketenagakerjaan telah dijelaskan bahwa seluruh tenaga kerja Indonesia wajib memiliki BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan. Hal ini bertujuan untuk melindungi para pekerja dari resiko terkait kesehatan dan jaminan hari tua (JHT). 

Dalam hal pembayaran BPJS Ketenagakerjaan ini cukup mudah dan efektif, karena setiap bulannya pendapatan pekerja nantinya akan dipotong secara langsung sesuai dengan ketentuan yang berlaku yang biasanya sekitar 2% dan sisanya 3,7% akan dibayarkan oleh perusahaan. Uang iuran tersebut nantinya akan dikumpulkan oleh BPJS dan akan menjadi tabungan kita di hari tua nanti atau biasanya disebut jaminan hari tua (JHT).

Cara Cek Tagihan BPJS


Dengan pembayaran yang relatif efektif, kalian juga bisa mengecek tagihan BPJS kalian dengan mudah. Beberapa cara di bawah ini bisa digunakan untuk membantu kalian mengecek tagihan BPJS. Simak baik-baik ya... 

1. Melalui website resmi BPJS 


Cara mudah pertama yang bisa kalian lakukan adalah, membuka website resmi BPJS. Dengan alamat web : bpjs-kesehatan.go.id . Ikutilah langkah di bawah ini : 
  1. Akan muncul halaman utama, kemudian klik menu “Cek Pembayaran Iuran”. 
  2. Setelah halaman baru muncul pada layar, kalian harus mengisi dua kolom yaitu Nomor Kartu dan Tanggal Lahir Anda sebagai pemegang kartu BPJS tersebut. 
  3. Setelah mengisi kedua kolom tersebut, kalian juga harus mengetikkan Angka Validasi yang tertera di sana. Kemudian klik “Cek”, rincian pembayaran Anda akan muncul pada layar. Rincian ini meliputi pembayaran yang telah dilakukan dan juga tagihan yang belum dibayarkan. 

2. Melakukan pengecekan melalui SMS Gateway 


Selain dengan cara di atas, kalian juga bisa memanfaatkan fasilitas pemerintah dengan melakukan pengecekan melali SMS Gateway. Jika kalian sedang tidak mempunyai jaringan internet yang baik, cara ini bisa efektif untuk digunakan. Layanan ini bisa diakses dengan jaringan seluler di nomor 0877 5500 400. 

Berbagai informasi mengenai layanan BPJS kesehatan yang kalian gunakan dapat diakses melalui nomor tersebut, termasuk jumlah tagihan bulanan yang harus dibayarkan dan jumlah denda yang dikenakan (jika kalian melakukan penunggakan pada bulan-bulan sebelumnya). Informasi mengenai tagihan kalian tersebut bisa diakses dengan menggunakan salah satu data diri Anda, antara lain Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA), atau Nomor Induk Pegawai yang Anda miliki. Gunakan salah satu dari nomor data diri tersebut untuk mengetahui jumlah tagihan iuran bulanan BPJS Anda, dengan format: Misalnya, Anda menggunakan Nomor kartu BPJS. 

Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS 

Contoh: Tagihan 0000123456789 

Kirim ke 087775500400 

Itulah beberapa cara yang bisa kalian gunakan, semoga bermanfaat. Terimakasih!!!
Advertisement
Cara Cek Tagihan BPJS dengan Cepat | CaraCek In | 5

0 komentar:

Posting Komentar